PENYULUHAN TIP MENDAFTAR KULIAH DI PERGURUAN TINGGI COUNSELING TIPS ON APPLYING TO COLLEGE

Counseling Tips On Applying To College

https://doi.org/10.62085/jms.v2i2.96

Authors

  • Ade Hermawan* STIA Bina Banua Banjarmasin
  • Muhammad Jamili1 STIA Bina Banua Banjarmasin
  • Bakhtiar STIA Bina Banua Banjarmasin

Abstract

Abstrak

Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Martapura adalah salah satu sekolah lanjutan atas yang ada di kota Martapura Kabupaten Banjar. Sekitar 95 % siswanya masih belum mengetahui mengenai cara melakukan pendaftaran kuliah di perguruan tinggi. Atas dasar kondisi yang demikianlah yang membuat penulis tertarik untuk melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk kegiatan Penyuluhan mengenai Tip Mendaftar Kuliah di Perguruan Tinggi. Oleh karena itu tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk Memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman  kepada siswa-siswi calon lulusan Sekolah Lanjutan Atas (SLTA) mengenai Tip mendaftar kuliah di perguruan tinggi agar meraka dapat diterima menjadi mahasiswa pada perguruan tinggi yang dipilih. Metode yang dipergunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat  adalah survei, dokumentasi, dan ceramah. Kegiatan penyuluhan berjalan dengan baik dan lancar dan peserta memahami mengenai cara mendaftar kuliah di perguruan tinggi.

Kata Kunci : Tip, Mendaftar, Perguruan Tinggi.

 

Abstract

Martapura 1 State High School is one of the high schools in the city of Martapura, Banjar Regency. Around 95% of students still do not know how to register for college. Based on these conditions, the author is interested in carrying out community service in the form of outreach activities regarding Tips for Applying to College. Therefore, the aim of this community service activity is to provide knowledge and understanding to prospective senior high school (SLTA) graduate students regarding tips for registering for college so that they can be accepted as students at the chosen college. The methods used in implementing community service activities are surveys, documentation and lectures. The counseling activities went well and smoothly and participants understood how to register for college.

Keywords: Tips, Applying, College.

Dimensions

Published

2024-06-03

How to Cite

Hermawan*, A. ., Jamili1, M., & Bakhtiar. (2024). PENYULUHAN TIP MENDAFTAR KULIAH DI PERGURUAN TINGGI COUNSELING TIPS ON APPLYING TO COLLEGE: Counseling Tips On Applying To College. JAMAS : Jurnal Abdi Masyarakat, 2(2), 450–454. https://doi.org/10.62085/jms.v2i2.96

Issue

Section

Articles